Ad Code

Manfaat dan Khasiat Belimbing Sayur

BELIMBING sayur atau sering disebut dengan belimbing wuluh dan dikenal secara ilmiah dengan nama Averrhoa bilimbi, merupakan pohon penghasil buah yang termasuk dalam famili Oxalidaceae. Tanaman belimbing sayur diyakini berasal dari Kepulauan Maluku, Indonesia dan persebarannya meluas sampai ke beberapa negara di Asia Tenggara lainnya. 

Buah belimbing sayur berbentuk lonjong dan memanjang mirip mentimun nanum lebih kecil, berukuran panjang 4 hingga 10 cm. Daging buahnya renyah, dan sari buahnya dikenal sangat asam, itulah sebabnya buah ini biasanya tidak dikonsumsi langsung atau segar begitu saja.

Di berbagai belahan dunia, belimbing sayur digunakan dalam berbagai kuliner yang berbeda-beda. Di Filipina, dimakan mentah atau dengan garam batu. Di Kosta Rika, ini disiapkan sebagai hidangan lezat dan disajikan dengan nasi dan kacang-kacangan. Sari buah belimbing sayur dapat dijadikan minuman menyegarkan dan juga dapat digunakan untuk membuat sambal pengganti mangga. Di Indonesia, digunakan untuk membuat sambal belimbing, yang terkenal dengan rasanya yang asam. Juga campuran berbagai masakan lainnya seperti kari, gulai, garang asam, juga untuk membuat pepes ikan seringkali mencampurkan belimbing sayur ini. 

Belimbing sayur juga mempunyai manfaat kesehatan, antara lain untuk mengatasi diabetes, mengobati hipertensi, menyembuhkan wasir, menguatkan tulang, meredakan batuk dan pilek, dan mengatur kadar gula darah. Belimbing sayur juga mengandung senyawa yang membantu pencernaan dan dapat menjaga kesehatan jantung. Kandungan vitamin C yang tinggi juga mampu membantu sistem kekebalan tubuh, dan antioksidannya memberikan efek anti-inflamasi.

Namun demikian, belimbing sayur juga mengandung oksalat yang tinggi, yang dapat menyebabkan gagal ginjal akut jika dikonsumsi dalam bentuk minuman, seperti saru buahn atau jus, secara terus-menerus selama beberapa hari sebagai obat kolesterol tinggi.

Belimbing sayur memang merupakan buah serbaguna yang kaya akan manfaat. Rasanya yang asam menjadikannya bahan unik dalam berbagai masakan, dan kandungan nutrisinya yang baik bermanfaat untuk kesehatan. Namun, sekali lagi, harus tetap hati-hati memanfaatkannya, karena kandungan oksalatnya yang tinggi.

Posting Komentar

0 Komentar

Ad Code