Ad Code

Menjelajah Sejarah dan Perjalanan Universitas Darul 'Ulum Jombang


UNIVERSITAS Darul 'Ulum Jombang, juga dikenal sebagai Undar, adalah salah satu perguruan tinggi pertama di Jombang, Jawa Timur. Sejak didirikan pada 1965, Undar berdedikasi untuk memberikan pendidikan berkualitas dan mendorong perkembangan intelektual masyarakat. Dipimpin oleh para pemimpin visioner dan berakar kuat pada nilai-nilai Islam, universitas ini terus berkembang untuk memenuhi kebutuhan pendidikan mahasiswanya dan berkontribusi terhadap pembangunan bangsa. Undar sejak 1980-an dikenal sebagai kampus pergerakan dan para mahasiswanya sangat berani "bersuara" pada masa itu.

Keberadaan Undar tentu tak bisa dilepaskan dari pendirinya yang visioner, DR. K.H. Mustain Romly. Sebagai pemimpin Pondok Pesantren Darul 'Ulum, beliau menyadari meningkatnya keinginan akan pendidikan tinggi di kalangan santri (siswa) dan berupaya mendirikan universitas yang dapat memenuhi kebutuhan mereka. Dengan posisinya yang strategis sebagai Mursyid Tarekat Qodiriyah wa Naqsabandiyah dan Ketua Dewan Guru yang membawahi satuan pendidikan formal di pesantren, Dr. Mustain Romly telah mempersiapkan diri dengan baik untuk memulai upaya ambisius dan spektakuler ini.

Pada 1965, atas dukungan pemerintah dan tokoh-tokoh seperti Jenderal A. H. Nasution, Universitas Darul ‘Ulum resmi didirikan. Nama "Darul 'Ulum", yang diambil dari nama pesantren, melambangkan hubungan mendalam universitas dengan akarnya dan komitmen untuk menyelenggarakan pendidikan komprehensif berdasarkan prinsip-prinsip Islam.

Di bawah kepemimpinan DR. KH. Mustain Romly dan tim berdedikasinya, Pondok Pesantren Darul 'Ulum mengalami perkembangan yang luar biasa. Tidak hanya mendirikan Universitas Darul ‘Ulum, namun juga memperkenalkan berbagai lembaga pendidikan umum ternama di lingkungan pesantren. Hal ini termasuk pendirian sekolah formal (umum) yang luar biasa, seperti SMP dan SMA, yang saat ini menjadi pionir pendidikan di Jombang.

Di tingkat perguruan tinggi, Universitas Darul 'Ulum, selain memiliki Fakultas Agama Islam, juga memperluas layanan pendidikannya dengan memasukkan program-program atau fakultas umum seperti Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi, Fakultas Teknik, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Fakultas Pertanian, dan Fakultas Psikologi juga Program Pascasarjana untuk Program Studi Ilmu Ekonomi, Hukum Islam dan Pendidikan Islam. Inisiatif ini bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang tidak hanya memiliki keterampilan teknis namun juga menjunjung tinggi keimanan dan nilai moral. Komitmen terhadap pendidikan holistik menjadi ciri khas Undar.

Salah satu ciri khas Universitas Darul 'Ulum adalah kemampuannya mengintegrasikan ajaran Islam tradisional dengan praktik pendidikan modern. Universitas berupaya menciptakan lingkungan di mana mahasiswa dapat bereksplorasi dan unggul dalam kegiatan akademis mereka sambil tetap berakar pada keyakinan mereka. Motto "Berotak London Berhati Masjidil Haram" merangkum aspirasi ini, menekankan pentingnya menggabungkan pertumbuhan intelektual dengan landasan moral yang kuat. Ciri khas lain dari Universitas Darul 'Ulum Jombang adalah adanya filsafat trisula (Sula Pondok Pesantren, Sula Tarekat, dan Sula Pendidikan Tinggi) dengan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya seperti taat pada guru, tekun, jujur, sabar dan ikhlas. 

Dedikasi Undar dalam menyelaraskan tradisi dan modernitas terlihat jelas dalam kurikulum dan metode pengajarannya. Undar menawarkan berbagai program akademik yang telah disebutkan sebelumnya, untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk berkembang di bidangnya masing-masing, sekaligus menanamkan pemahaman mendalam tentang etika dan nilai-nilai Islam.

Sepanjang sejarahnya, Universitas Darul 'Ulum Jombang, dengan segala dinamikannya sebagai organisasi, secara konsisten mengupayakan keunggulan akademik. Undar mendorong mahasiswa untuk unggul dalam studi dan kegiatan ekstrakurikuler. Undar telah banyak melahirkan lulusan berprestasi yang memberikan kontribusi signifikan di berbagai bidang.

Beberapa tahun terakhir, mahasiswa Undar telah menorehkan prestasi yang luar biasa, baik secara nasional maupun internasional. Misalnya saja, para mahasiswa jurusan ekonomi menunjukkan bakat mereka di KMI EXPO XIV 2023 di Singaraja, Bali, dimana mereka mendapatkan penghargaan dan menunjukkan keahlian mereka di bidang tersebut. Selain itu, komitmen universitas dalam melestarikan tradisi Islam juga terlihat ketika Undar berhasil menjadi bagian yang mendapat prestasi atau juara dalam Musabaqoh Tilawah Quran Nasional ke-XVII 2023 yang bergengsi di Universitas Brawijaya Malang.

Universitas Darul 'Ulum menyadari pentingnya kolaborasi dan kemitraan dalam mendorong pertumbuhan dan inovasi. Universitas secara aktif mencari peluang untuk berkolaborasi dengan lembaga dan organisasi pendidikan lainnya untuk meningkatkan pengalaman pendidikan dan memperluas wawasan bagi mahasiswanya. Sejauh ini kerjasama dengan berbagai lembaga pendidikan lain dan dengan lembaga pemerintahan, dari pemerintahan desa, kabupaten/kota, provinsi sampai kementerian.

Salah satu kerjasama terbaru yang menonjol adalah kemitraan antara Universitas Darul 'Ulum Jombang dengan beberapa perguruan tinggi lainnya Seperti Univeristas Ciputra Surabaya, STKIP PGRI Ponorogo, dan Universitas Surakarta. Melalui Memorandum of Understanding (MoU) Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), lembaga-lembaga tersebut bertujuan untuk menciptakan era kolaborasi dan pertukaran pendidikan. Kolaborasi ini memfasilitasi pertukaran pengetahuan, proyek penelitian bersama, dan program mobilitas mahasiswa, memperkaya lingkungan akademik dan memperluas peluang bagi mahasiswa dan anggota program studi atau pun fakultas.

Komitmen Universitas Darul 'Ulum terhadap pendidikan melampaui batas-batas kampusnya. Universitas secara aktif terlibat dengan masyarakat, yang bertujuan untuk memberdayakan dan mengangkat masyarakat melalui inisiatif pendidikan. Undar menyelenggarakan berbagai program sosialisasi kepada masyarakat, antara lain lokakarya, seminar, dan sesi pelatihan, untuk berbagi ilmu dan keterampilan kepada masyarakat luas.

Lebih lanjut, Universitas Darul 'Ulum secara aktif mendukung dan mendorong pelestarian tradisi dan nilai-nilai Islam. Universitas memberikan beasiswa kepada mahasiswa berprestasi yang telah mencapai penguasaan dan pengayaan Al-Quran dan mendukung perjalanan akademis mereka. Dengan berinvestasi dalam pendidikan individu-individu berbakat ini, Undar memastikan kelangsungan keilmuan Islam dan memperkuat pentingnya studi Al-Quran dalam masyarakat.

Seiring dengan perjalanan dalam dunia pendidikan dan pemberdayaan yang dilakukan oleh Universitas Darul 'Ulum Jombang, Undar tetap berkomitmen pada misinya untuk menghasilkan lulusan yang tidak hanya cakap secara akademis tetapi juga individu yang bermoral. Undar terus beradaptasi dan berinovasi mengikuti kemajuan teknologi, penelitian, dan pedagogi untuk memberikan layanan pendidikan yang terbaik.

Dengan landasan kuat yang berakar pada nilai-nilai Islam, Universitas Darul 'Ulum Jombang siap untuk terus membentuk masa depan pendidikan, memberdayakan individu, dan berkontribusi terhadap pembangunan masyarakat.

Wonosalam, 25 Desember 2023

Posting Komentar

0 Komentar

Ad Code