Ad Code

Sepotong Potret Pandemi COVID-19 dalam Kehidupan Kita

COVID-19 yang melanda dunia sejak akhir 2019 lalu, tidak hanya berdampak pada kesehatan masyarakat, tetapi juga memengaruhi banyak aspek kehidupan seperti perekonomian, pendidikan, dan kehidupan sosial masyarakat lainnya. Pandemi ini, selain menyebabkan jutaan orang terinfeksi virus juga membuat pemerintah (Indonesia) menerapkan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang tentu saja berimplikasi terhadap pembatasan aktivitas masyarakat, termasuk aktivitas ekonomi, aktivitas pendidikan, dan aktivitas sosial lainnya. 

Dampak berikutnya dan sangat terasa adalah dampak ekonomi dengan melemahnya tingkat konsumsi rumah tangga atau melemahnya daya beli masyarakat secara luas. Akibatnya tentu sisi produksi juga mengalami penurunan. Dengan kemampuasn produki yang terus menurun, banyak perusahaan-perusahaan yang merumahkan atau melakukan PHK terhadap pekerjanya. Belum lagi pertumbuhan ekonomi nasional yang meluncur pada angka minus.

Sementara itu di dunia pendidikan juga terdampak Covid-19 dengan sangat drastis. Pandemi Covid-19 menjadi faktor utama penyebab terjadinya perubahan program pendidikan yang biasa dilakukan. Segala kegiatan pembelajaran dilaksanakan secara jarak jauh dari rumah dengan memanfaatkan teknologi yang disebut pembelajaran dalam jaringan ataupun pembelajaran jarak jauh. Demikian juga dengan UNBK yang sejak pandemi ini telah dihapuskan.

Masih banyak dampak lain yang ditimbulkan dengan adanya Covid-19 ini. Dan buku “Dinamika Covid-19: dalam Bidang Pertanian, Komunikasi, Pendidikan, Ekonomi, dan Kesehatan" ini mencoba memotret berbagai dinamika yang terjadi selama pandemi Covid-19 melanda. Kumpulan tulisan dengan narasi yang beragam dan dari berbagai sudut pandang seperti ekonomi, pertanian, komunikasi dan sebagainya setidaknya bisa memperkaya khasanah pengetahuan kita. Tulisan-tulisan dari setiap penulis menyajikan isu yang berbeda sesuai bidang yang sedang digeluti. Selamat membaca!

Judul: Dinamika Covid-19: dalam Bidang Pertanian, Komunikasi, Pendidikan, Ekonomi, dan Kesehatan
Penulis: Junaedi, dkk
Penerbit: Lakeisha
Cetakan: Desember, 2022
Tebal Buku: viii + 137 Halaman

Posting Komentar

0 Komentar

Ad Code