Ad Code

Peluang Ekonomi Kenduri Durian Wonosalam

Kenduri Durian Wonosalam 2023 (Foto: Dok. Pribadi)

KENDUREN duren atau kenduri durian adalah acara tahunan yang sangat populer di Wonosalam, Jombang, Jawa Timur. Acara ini biasanya diadakan pada puncak musim buah durian yang biasanya jatuh pada februari atau maret. Dan hari ini, (Minggu, 5 Maret 2023), puncak acara Kenduri Durian Wonosalam baru saja digelar. 

Kenduri durian pertama kali diadakan pada 2012 dan sempat terhenti disaat pandemi melanda. Acara kenduren seringkali dihadiri oleh para pejabat dan tokoh politik atau pimpinan daerah maupun pusat. Kenduri durian juga telah menjadi semacam tradisi yang penting bagi masyarakat Wonosalam dalam mempromosikan potensi daerah dan adanya peluang ekonomi yang bisa dimunculkan. 

Beberapa peluang ekonomi yang tercipta pada gelaran Kenduri Durian Wonosalam antara lain:

Pertama, Penjualan Durian. Salah satu peluang ekonomi utama adalah penjualan buah durian. Pada saat kenduri durian, petani atau pedagang durian lokal dapat menjual durian produksi mereka langsung kepada pengunjung. Hal ini tentu memberi kesempatan bagi para petani durian dan pedagang lokal untuk mendapatkan pendapatan tambahan selama musim panen dan khususnya pada acara kenduri durian.

Kedua, Penjual Makanan. Selain penjualan durian, ada juga peluang untuk menjual makanan dan minuman selama kenduri durian. Banyak warung makan maupun penjual makanan kelililing atau musisman datang untuk mengisi kebutuhan makanan pengunjung. 

Ketiga, Jasa Penginapan. Meskipun kenduri durian hanya berlangsung sehari, namun acara pendukung cukup banyak dan dimulai sekitar sebulan sebelum acara puncak. Acara pendukung misalnya, kontes durian, bazar durian, ngopi bareng, penghijauan, adventure dan kegiatan lainnya yang berlangsung selama beberapa hari, sehingga banyak orang yang datang dari luar kota dan tentu membutuhkan penginapan.

Keempat, Souvenir dan Oleh-oleh. Selama kenduri durian dan rangkaiannya, banyak penjual souvenir dan oleh-oleh selain durian yang mayoritas berupa produk-produk pertanian wonosalam, seperti kopi dan buah-buahan liannya maupun produk UMKM, meskipun juga tak sedikit pedagang yang menjual produk dari kawasan "sebelah".

Kelima, Hiburan dan Kunjungan Wisata. Selain makanan dan minuman maupun jasa penginapan, rangkaian acara kenduri durian juga menghadirkan pagelaran hiburan seperti musik dan kesenian tradisional. Juga tak kalah penting adalah banyak destinasi wisata di Wonosalam mendapat kunjungan para wisatawan. 

Demikianlah peluang ekonomi Kenduri Durian Wonosalam bagi masyarakat setempat, selain itu tentu saja bisa mempromosikan produk lokal maupun budaya lokal kepada pengunjung dari luar daerah. Dengan memperkuat dan mempromosikan acara ini, masyarakat setempat dapat terus mengembangkan ekonomi lokal mereka dan meningkatkan kesejahteraan mereka. Semoga!

Posting Komentar

0 Komentar

Ad Code