Ad Code

Cara Ringkas Menulis Artikel Opini

INGIN menulis artikel opini secara cepat tetapi tidak tahu harus mulai dari mana? Untuk menulis artikel secara cepat dan baik tentunya, diperlukan langkah-langkah yang terstruktur dan terukur, agar artikel yang ditulis mudah dipahami oleh pembaca.

Sebuah artikel pada dasarnya adalah esai berdasarkan fakta dan opini, yang diterbitkan di media cetak atau elektronik. Tujuan menulis artikel adalah untuk menyampaikan sudut pandang penulis yang mengandung informasi dan fakta yang akurat.

Artikel bisa bersifat mendidik, membujuk dan juga menjadi hiburan bagi pembaca. Artikel-artikel ini biasanya ditulis dalam format opini.

Opini digunakan sebagai cara menanggapi suatu masalah dalam masyarakat dan mengusulkan solusi atas masalah tersebut. Saat menulis opini, harus diperhatikan bahwa solusi yang diajukan berasal dari informasi dan fakta yang sebenarnya, sehingga dapat diverifikasi dan divalidasi.

Untuk menghasilkan artikel opini yang berkualitas, berikut beberapa tips cara ringkas menyusunnya. Pertama, memilih topik yang relevan. Saat menulis opini, langkah pertama yang harus kita lakukan adalah memilih topik. Topik yang dipilih harus relevan dan aktual sehingga menarik untuk didiskusikan dan dipecahkan masalahnya.

Kedua, tuliskan topik yang kita kuasai pelajari. Saat menulis artikel, pilih topik yang kita kuasai. Karena saat kita menulis opini, kita juga perlu memiliki pengetahuan tentang topik yang sedang kita bahas. Dengan memilih topik yang kita kuasai, maka menulis menjadi lebih mudah.

Ketiga, tulisan harus asli. Saat menulis tulisan apa pun, adalah tanggung jawab penulis untuk memastikan orisinalitas tulisan. Tulisan yang memiliki orisinalitas memiliki daya jual yang besar dan menjadi tulisan yang berkualitas dan bertanggung jawab.

Keempat, tulisan tidak berbau SARA. Tulisan yang tidak berbau SARA artinya tulisan kita tidak menyentuh konten yang sensitif terkait suku, agama, ras, dan antargolongan. Mengapa tulisan berbau busuk dilarang di bawah SARA? Karena jika kita salah sedikit saja dalam hal ini, dapat menyebabkan perselisihan dan kegaduhan. Oleh karena itu, pembahasan masalah SARA harus dihindari.

Kelima, pahami karakter media. Jika ingin mempublikasikan di media, penting untuk memahami karakteristik media, misalnya terkait dengan bagaimana modelnya, jumlah katanya, apa saja batasan media, hal-hal apa yang harus dipilih dan diangkat, serta hal-hal lain yang membuat tulisan kita dapat diterima oleh media terkait.

Keenam, perhatikan struktur penulisan artikel opini. Setidaknya ada tiga lima struktur opini yang harus diperhatikan yaitu judul, lead, isi artikel dan penutup.

Dan yang terpenting, kita mulai menulis secara konsisten dan sistematis agar tulisan kita menarik dan mudah dipahami. Mari kita mulai menulis sekarang.

Posting Komentar

0 Komentar

Ad Code