Ad Code

Cara Mudah Menulis Artikel Ilmiah Populer

ARTIKEL ilmiah populer adalah artikel yang ditulis dengan bahasa yang mudah dipahami oleh pembaca, termasuk pembaca yang bukan ahli di bidang ilmu pengetahuan tertentu. Membuat artikel ilmiah populer tujuannya untuk menyampaikan temuan atau hasil penelitian secara jelas dan menarik bagi pembaca yang mungkin tidak memiliki pengetahuan teknis dalam bidang tertentu. 

Artikel ilmiah populer sering kali dipublikasikan di media massa cetak (koran, tabloid dan majalah) atau platform online meda massa bersangkutan, situs berita, atau blog. Artikel tersebut dapat membahas berbagai topik dari berbagai bidang, termasuk sains, teknologi, ekonomi, budaya, kesehatan, lingkungan, dan sosial. Panjangnya berapa? Umumnya antara 700 sampai 800 kata. 

Selain memberikan informasi tentang penelitian atau temuan baru, artikel ilmiah populer juga dapat membantu masyarakat memahami dan menghargai pentingnya ilmu pengetahuan dan teknologi dalam kehidupan sehari-hari. Artikel ini juga dapat membantu meningkatkan kesadaran tentang isu-isu yang sedang hangat dan relevan dengan kehidpuan masyarakat luas serta mampu memicu diskusi atau perdebatan yang konstruktif.

Dalam menulis artikel ilmiah populer, penulis perlu memperhatikan penggunaan bahasa yang mudah dipahami, menjelaskan konsep atau temuan secara jelas, menggunakan contoh konkret, dan menghindari bias atau klaim yang tidak teruji. Dengan cara ini, artikel ilmiah populer dapat menjadi alat yang efektif untuk mengkomunikasikan hasil penelitian dan memperluas pemahaman tentang ilmu pengetahuan dan teknologi di masyarakat.

Lalu bagaimana cara mudah menulis artikel ilmiah populer itu? Berikut beberapa langkah untuk menulis artikel ilmiah populer:

Pertama, memilih topik yang menarik. Topik yang menarik dan relevan bagi pembaca tentu dapat menghasilkan perdebatan atau perhatian yang serius sehingga masyarakat akan turut dan konstruktif membincangkannya ataupun menyerap informasi dan pengetahuan baru. 

Kedua, mengenali pembaca. Dengan mengenali pembaca atau setidaknya calon pembaca kita akan menyesuaikan dalam penggunaan bahasa ataupun tata kata dan gaya penulisan dengan pengetahuan dan minat pembaca.

Ketiga, menggunakan bahasa yang mudah dipahami. Menggunakan bahasa tulis sederhana dan jangan tidak terlalu banyak istilah teknis yang hanya dapat dipahami oleh para ahli.

Keempat, menggunakan struktur yang jelas. Artikel ilmiah populer harus memiliki struktur yang jelas dan mudah diikuti. Mulai dengan ringkasan atau gambaran umum yang menggebrak tentang topik dan selanjutnya menjelaskan secara detail hasil penelitian atau temuan.

Kelima, menggunakan contoh konkret. Menggunakan contoh konkret untuk membantu membawa konsep atau hasil penelitian kita menjadi lebih mudah dipahami.

Keenam, menghindari bias dan klaim yang tidak teruji. Kita harus memastikan bahwa klaim atau pernyataan yang dibuat didasarkan pada fakta dan bukti yang kuat. Jangan membuat pernyataan yang tidak teruji atau bias.

Ketujuh, memberikan referensi yang akurat. Kita juga harus memberikan referensi yang akurat dan lengkap jika mengutip penelitian atau sumber lain dalam artikel.

Kedelapan, melakukan editing dan revisi. Setelah menulis artikel, mengedit dan merevisi sebelum mempublikasikannya. Artikel harus dipastikan mempunyai struktur yang jelas, bahasa yang mudah dipahami, dan mengikuti standar penulisan artikel ilmiah popular secara umum dan juga kaidah media yang akan kita tuju pemuatannya.

Demikian cara mudah menulis artikel ilmiah populer. Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, kita dapat menulis artikel ilmiah populer yang menarik dan informatif bagi pembaca dari berbagai latar belakang keilmuan maupun masyarakat awam. Dan jangan lupa, menulis artikel ilmiah populrr itu selain mudah, mengasyikan, bermanfaat bagi pembaca, juga bisa mendapatkan honor. Tentu saja jika artikel kita dimuat di media-media cetak atau online yang kredibel dan profesional. 

Posting Komentar

0 Komentar

Ad Code